Biang  Keringat Pada Bayi? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

  1. Home
  2. /
  3. Parenting
  4. /
  5. Biang  Keringat Pada Bayi? Berikut Cara Mudah Mengatasinya
Cara mengatasi biang keringat pada bayi

Biang  Keringat Pada Bayi? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Posted in : Parenting on by : admin Comments:

Biang keringat pada bayi memang lebih banyak terjadi dibandingkan dengan orang dewasa. Biang keringat atau dikenal dengan miliaria merupakan ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang akan terasa gatal bahkan bisa menyebabkan  adanya sensasi menyengat dan perih pada kulit.  Biang keringat ini sendiri biasanya terjadi karena seseorang terkena suhu panas.

Kondisi  seperti ini biasanya bisa muncul di hampir seluruh bagian tubuh bayi seperti wajah, pungguh, leher, dada bahkan paha. Ada beberapa jenis biang keringat berdasarkan tingkat keparahannya seperti miliaria kristalina, miliaria rubra, miliaria pustulosa, dan miliaria profunda. Biang keringat ini memang tidak  perlu membutuhkan penanganan khusus karena biasanya akan hilang sendiri.

Cara mengatasi biang keringat pada bayi

 

Adapun beberapa gejala biang keringat pada bayi ini  pun cukup beraneka ragam. Hanya saja, biang keringat dengan tingkat keparahan yang tinggi akan menyebabkan pasiennya mengalami demam, rasa sakit yang semakin bertambah, pembengkakan kelenjar getah benih hingga nanah yang keluar dari bintil. Jika kondisinya makin parah, biasanya disarankan untuk segera menemui dokter.

Untuk  biang keringat yang belum terlalu parah pada bayi, anda bisa langsung mengatasinya dengan cara dibawah ini

  1. Hindari bayi berada di suhu panas dan lembab

Cara mengatasi biang keringat pada bayi yang pertama adalah dengan menghindarkan bayi anda berada di suhu ruangan yang panas dan lembab. Sebaiknya anda bisa memindahkan bayi anda di ruangan yang sejuk. Tetapi jika anda menggunakan kipas angina ataupun AC, disarankan untuk tidak mengarahkan anginnya ke tubuh si kecil secara langsung

Apabila akan keluar rumah, maka jangan sampai lupa untuk membawa kipas maupun topi untuk bayi anda. Dan pastikan bayi mengkonsumsi air yang cukup.

  1. Pilih pakaian yang tepat

Berhati-hatilah dalam memilih pakaian untuk si kecil karena beberapa pakaian ternyata tidak cocok untuk kecil. Adapun pakaian yang disarankan adalah yang mengandung serat alami seperti katun. Karena bahan ini mampu menyerap keringat dengan cukup baik.

Selain itu, ada baiknya untuk menghindari bahan pakaian seperti kain poliyester dan nilon karena jenis kain ini sendiri bisa menangkap panas. Selain itu, selalu berikan pakaian yang longgar untuk anak anda.

  1. Menjaga kulit bayi agar tetap sejuk

Untuk terhindar dari biang keringat, maka ada baiknya untuk selalu menjaga kulit bayi agar tetap sejuk.. anda juga bisa juga memandikan bayi anda dan biarkan kering dengan sendirinya tanpa menggunakan handuk. Selain itu, anda juga bisa mengoleskan krim calamine pada bagian yang terdapat biang keringat.

  1. Jangan sering menggendong

Menggendong bayi ketika suhu sedang panas sangat tidak disarankan. Karena ketika digendong maka si kecil harus berhadapan dengan dua sumber panas yakni dari cuaca dan tubuh anda. Untuk itulah anda bisa membiarkan bayi anda berada di atas kasur.

Biang keringat pada bayi memang menjadi masalah yang paling umum terjadi. Tidak perlu dikhawatirkan karena biang keringat akan hilang dengan sendiri dan anda bisa menerapkan cara mengatasi biang keringat diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *