Tentang Harddisk: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

  1. Home
  2. /
  3. Komputer
  4. /
  5. Teknologi
  6. /
  7. Tentang Harddisk: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya
Harddisk Termurah

Tentang Harddisk: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Posted in : Komputer, Teknologi on by : admin Comments:

Harddisk adalah perangkat keras yang digunakan sebagai media penyimpanan dan membaca data pada komputer dan laptop. Harddisk atau yang dikenal dengan, hard drive (HD), harddisk drive (HDD), cakram keras, atau piringan keras merupakan jenis memori yang memiliki sifat non-volatile memory yang artinya data yang disimpan pada memori tidak akan hilang walaupun perangkat dimatikan.

Fungsi Harddisk

Fungsi harddisk yaitu sebagai memori penyimpanan pada komputer yang memiliki berbagai macam ukuran kapasitas penyimpanan sehingga bisa disesuaikan pada kebutuhan sebelum membelinya. Data-data yang disimpan meliputi sistem operasi (Windows, Linux), aplikasi dan software seperti browser, media player, office, dll dan data pribadi seperti lagu, dokumen, foto, dll.

Harddisk merupakan perangkat keras yang menentukan kinerja perangkat selain RAM. Bedanya harddisk dapat menyimpan data secara permanen walaupun perangkat dimatikan sedangkan RAM hanya menyimpan data ketika perangkat dijalankan yang berfungsi agar software yang dijalankan lebih lancar saat digunakan.

Biasanya, semakin besar kapasitas penyimpanan maka semakin kecil kecepatan RPM (Round per Minute). RPM sendiri merupakan kecepetan putaran dalam satu menit yang dilakukan oleh salah satu komponen harddisk bernama platter. Setiap harddisk memiliki kecepatan perputaran yang berbeda-beda namun pada umumnya kecepatan yang paling sering digunakan yaitu 5400 rpm.

Jenis-Jenis Harddisk

Harddisk terbagi menjadi beberapa jenis tipe yang biasa digunakan. Dengan berbedanya jenis harddisk maka harga yang ditetapkan juga berbeda pada setiap jenisnya. Berikut daftar jenis harddisk yang digunakan.

1. Harddisk ATA/EIDE
Advanced Technology Attachment (ATA) atau Enhanced Integrated Drive Electronic (EIDE) adalah antar muka disk versi terbaru yang disesuaikan dengan koneksi ke bus. Banyak produsen yang menggunakan disk dengan antar muka ATA/EIDE karena dapat dihubungkan secara langsung ke bus PCI yang banyak digunakan pada Personal Computer (PC).

Salah satu kekurangan dari penggunaan disk ATA/EIDE adalah perlu kontroler secara terpisah pada setiap drive apabila dua drive digunakan secara bersamaan untuk meningkatkan performa sedangkan keuntungannya adalah harga disk yang cukup murah. Salah satu produsen chip terkenal biasanya juga sudah menyertakan kontroler agar disk bisa terhubung dengan motherboard.

2. Harddisk SCSI
Harddisk SCSI memiliki antar muka yang di desain untuk koneksi ke bus SCSI standar dan memiliki performa yang lebih baik daripada bus PCI namun memiliki harga yang cenderung mahal. Akses ke disk drive dapat dilakukan secara bersamaan karena dihubungkan secara aktif ke bus SCSI hanya pada saat drive siap untuk melakukan transfer data. Hal ini berguna pada aplikasi ketika terdapat request file kecil terutama pada komputer yang digunakan sebagai file server.

3. Harddisk RAID
Harddisk RAID digunakan pada komputer dengan performa tinggi yang membutuhkan sitem yang canggih daripada tingkat normal. Maka dari itu disk RAID memiliki performa yang kuat serta memiliki kapasitas penyimpanan yang besar namun karena harga yang semakin menurun, disk RAID juga digunakan di beberapa komputer standar yang lebih murah.

4. Harddisk SATA
Serial Advanced Technology Attachment (SATA) adalah pengembangan dari antar muka harddisk EIDE/ATA di mana disk SATA menggunakan kabel tipis dengan total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel disk EIDE/ATA yang memiliki jumlah sekitar 39 pin. Disk SATA juga memiliki kecepatan pengiriman yang lebih tinggi dibandingkan dengan disk EIDE/ATA sehingga bus dengan serial ini memungkinkan untuk melebihi kecepatan dibandingkan dengan bus paralel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *